Tukang Rumpi’s Blog











{Maret 18, 2009}   Kalo Ibu-q, Pilih Menantu……..

bear Bibit. Bobot. Bebet. Waaa….. ribet banget yahhh milih mantu???? Ntar bibitnya unggul, eeehhh bobotnya paceklik……. Pas bobotnya qualified, eeeehhh bebetnya hancur lebur…… Waaahhh susyaaahhh bener, mo kawin ajah sulit pa lagi nikah euy….. Tapi standarisasi memilih calon menantu hampir pasti dimiliki setiap ortu terhadap anaknya. Especially ibu, karna alasan klise, bahwa seorang ibu-lah yang mengandung anaknya selama 9 bulan lalu mengalami pertempuran antara hidup dan mati sebelum sang anak menghirup udara polusi dunia, so ibu-lah yang biasanya lebih rewel ketimbang ayah dalam memilih dan menyetujui calon menantunya….

” Kapan bu acaranya? ” suatu hari aq lagi kongkow-kongkow di depan pager rumah sore-sore ama sejumlah ibu-ibu tetanggaq.
” Na, kalo bilang kapan acaranya tu sulit jawabnya…….. Soalnya acaranya neh, rencananya lengkapppp bangettt…. ” bu Sur menjawab pertanyaanq seputar pernikahan putri sulungnya.
” Lha iya bu, lengkapnya ntu mulai kapan sampe kapan? ” aq gak sabar.
” Pertama tu adeg terop, rencananya selasa, trus rebonya pengajian ibu-ibu, kamisnya pengajian bapak-bapak, jum’atnya bleg ketepe, sabtu siang siraman lanjut malemnya midodareni, minggu pagi akad nikah, minggu malem resepsi. Bis ntu jumat depannya lagi ngunduh mantu di tempat besan……… ” bu Sur menjelaskan lagi dengan panjang lebar plus suara yang berapi-api tentang prosesi pernikahan putrinya. Nada bangga terdengar sangat kentara dari intonasi bicaranya. Bu Hani menyela, ” Duuu ribet banget seeehh acaranya…… Gak takut abis duit ame tenaga ntuu??? ”
” Lhooo, ini kan anak pertama to, bu. Pa lagi calon mantu saya ini anaknya pengusaha top di kota ini kannn……… Relasinya buanyaakkk….. Naaa kalo acaranya ndak lengkap, saya ya malu to sama besan saya…….. ” bu Sur mencoba berargumentasi.
” Walah, anak saya juga mo menikah tiga bulan lagi. Tapi gak rame-rame. Cukup akad nikah ajah deee…….. Yang penting sah….. ” bu Hani membela diri.
” Ya, situ kan gak dapet anaknya pengusaha beken. Jadi tanggung jawab moralnya kan ringan. Na kalo saya???? Pa lagi mantu saya juga cukup terkenal sering masuk koran, ntar kalo ditulis wartawan pernikahannya sederhana, piye??? Bisa malu saya……. ” bu Sur tetap heboh dan keukeuh serta merasa di atas angin.
” Ahhh sapa bilang mantu saya gak top……. Dokter looohhh….. Sekarang lagi ambil spesialis penyakit dalam……. Besan saya juga keluarga dokter kok……. Sering juga masuk koran gitu lhooo….. Gak dirayain bukan karna gak punya duit bu… Tapi anak-anak lebih milih duitnya bwat honeymoon ke Australia ajaahhh……… Lom lagi mereka pengen beli rumah ama mobil……. Na lebih manfaat kan…” bu Hani makin tegang. Tapi, jelas dia gak mau kalah. Dan juga suaranya terdengar sangat bangga saat menguraikan panjang lebar alasan-alasannya. Dan semuanya berarti tetap ujung-ujungnya, bibit, bebet dan bobot.

Gemerlap lampu pernikahan putri bu Sur telah sirna. Pesta pernikahan yang gemerlapan telah usai. Demikian juga ijab kabul putri bu Hani telah berjalan lancar. Sore ntu, aq duduk-duduk lagi di beranda ama tetangga yang laen. Bu Sur dan bu Hani lagi absen hari itu. Mungkin mereka dah sibuk dengan hal-hal baru setelah menjadi seorang ibu mertua. Hahaha……….. Kali-kali aja, lagi ngajarin putri masing-masing cara menyetrika baju suami dengan baik benar……(eh pan ada pembantu yahhh??? hahaha ngapain juga belajar setrika ), ato mungkin ngajarin putri mereka masak yang lezat-lezat biar suami-suami mereka pada betah di rumah ato bahkan tips n trik membahagiakan suami di saat malam tiba……. Hahahaha, sssttt, jorok aahhh!!!
” Du bu, akirnya anakq cerai juga kemaren……… ” bu Prapto membuka pembicaraan dengan suaranya yang lemas.
” Looohhh??? Knapa??? Kasian dunk cucunya bu……. Masih es-de kannn?? ” aq kaget mendengar kalimat pembuka yang pedih.
” Iyah, gimana lagi……. Anak saya tuuu gak sejalan ama suaminya, bu….. Karier suaminya tamat setelah di-PHK setaon lalu… Sedangkan anak saya melesat… Gak imbang, jadi mereka gak kompak dee…” bu Prapto terdengar sangat sedih walopun di laen sisi dia keliatannya juga bangga atas kemelesat-an karier putrinya.
” Loooh, namanya rumah tangga kan pasti ada pasang surutnya.. Na pas lagi surut kok malah suami digugat cerai bu…….. ” bu Dwi ikut menanggapi dengan nada yang sudah dibwat seprihatin mungkin.
Pasang surut, emangnya samudera Hindia apeee??? Na kalo tiba-tiba tsunami gimanee?? Waaa ibu-ibu niii pleaseee aaahhh, jangan lebay…
“Na gimana lagi……. Anak saya sekarang dah jadi BM (=branch manager) tapi mantu saya malah dah PHK…… Yahhh jelas to bu, jurangnya makin lebarrr……….. Bawaanya berantem terus….. Daripada anak saya be-te, mendingan yah pisah-lah…….. ” bu Prapto menjelaskan dengan kalimat yang seolah tak terbantahkan.
” Waaa, sayang yah bu……. Dulu pestanya habis-habisan…… ” bu Rose menyela sambil matanya berkedip-kedip bagaikan bintang kejora.
” Ya eya-laaahhh bu……. 8 taon lalu habisnya dah hampir lima ratus-an juta…… coba kalo sekarang di-kurs-in berapaaa….. ” bu Prapto terlihat stress saat mengingat akan kantongnya yang terkuras habis 8 taon yang lalu.
” Iya, dulu katanya dapet mantu okey……. Besannya petinggi bank nasional……. Lha kok sekarang bubar jalan…. ” bu Rose tetap berkedip-kedip. Gak jelas deee, ntu matanya kelilipan ato kedutan…..
” Yah udah-lah bu, sabar ajah yah…… cobaan kale dari Allah…. mudah-mudahan putrinya segera dapet jodoh lagi yang lebih okeyyy….. ” na lho, nasehat bu Dwi ini membingungkan n gak jelas banget. Aq gak bisa bicara apa-apa. Bingung harus komen model apa. Lha wong mereka ini rata-rata dah lebih tuwir dari-q…… Aq kan masih dianggap ibu bau kencur ttuuuu……… Jadi gak pantes kasih nasehat apapun……

Btw, gak lama stelah kongkow qta yang terakir ntu, terdengar kabar yang menghebohkan. Bu Rose adalah pembawa berita utama tersebut.
” Headline news…….. tau gaakk, putrinya bu Sur ntu, yang baru bulan ape kmaren jadi pengantin ama pengusaha kaya raya, eee kmaren ketok palu di PA…… ” tetep sambil kedip-kedip.
” Haaaa???? ” aq, bu Dwi, bu Prapto dan bu Hani terkaget-kaget.
” Iyeee…… masa seeh, mbakyu smua gak percaya ame ane……. ” bu Rose makin keras bicaranya. Hampir tereak rasanya. Untung bu Prapto segera meletakkan jari telunjuknya di bibir supaya bu Rose gak bikin orang se-komplek ngira ada huru-hara.
” Emang knapa, bu? ” bu Dwi mencoba menekan rasa ingin taunya.
” KDRT……. ” bu Rose juga berusaha melembutkan nada bicaranya.
” Aaaahhh masa???? ” bu Hani meninggikan intonasi suaranya. Jangan-jangan, beliau malah lega karna gak da saingan. Deuuuu……..
” Iya…….. besok liat ajah kalo gak percaya…… Ntu mbak Thea dah pindahan balik lagi ke rumah bu Sur……. ” bu Rose bagaikan reporter acara reality show di ti-pi. Gayanya, meyakinkan.
Waaa………. kalo gini caranya, bwat apaaaa juga dulu mantunya gedhe-gedhean……. Habisnya ratusan juta, pula…….. Mending bwat aq ajah…….. Lebih manfaat kannn???? Se-enggaknya bisa aq pake bwat menyenangkan hati keluarga-q ndiri deee……… Hahaha…… Makanya, kalo ibu pilih mantu, yang ati-ati yeeee……… Kudu dipelototin dengan baek dan seksama ( kalo perlu ampe matanya copot juga bolehhhh!!! ), ntu mantu bakalan bisa bahagia-in anak qta apa kagak……… Dueeerrrr!!!!

Iklan


wah….. kalo pilih menantu, kayak gue aja mbak…..

uda pinter, g sombong, dermawan lagi he..he…

tukar link cuy…

iya iya……… kalo atif sabar nungguin anak-q gedhe ntar aq jadi-in mantu yahhh……. soalnya masih kurang duapuluh taon lageee………….



Mbahkoeng says:

Duh.. Ikut Daftar Bu, Walaupaun jelek dan ga pnya duit banyak yg penting ak rendah hati & ga sombong. heee….

hahaha……. aq daftarin bu Prapto yaaahhh….. mau??



etha says:

huhuhuhuhu …

nikah kok dah kek mainan yak

iyah tuuu……….. gak tau yah, aq lom tau rasanya mantu seeehhh………



quinie says:

esensinya apa sih? nikah atau gengsi ama orang? xixixixi :p
Makasih udah mampir ya bu

campuran mbak…….. nikah juga, gengsi ho-oh…… ribettt yahh???



btari says:

ih…ada tempat ngrumpi yang asik nih. boleh dong, aku ndaftar sbg calon menantu. lagi nunggu dijodohin nih…
thanks ya bu, sdh mampir ke tempatku

hahaha…… bursanya perjodohan masih dibuka kok mbak……… bisa registrasi besok yah, jangan lupa ada biaya pendaftaran looohhh…….



juliach says:

Ya rata-rata orang Indonesia begitu … kenapa ngak kawin berdasarkan cinta 100% dan nikah khan tinggal tandatangan di catatan sipil …..bodoh amat dengan orang lain!

hahaha….. kata temen2-q, “emangnya bisa hidup makan cinta doang????” geeetttuuuu mbak…… makanya, ribetttt!!!



joe says:

masih buka lowongan calon menantu gak ni?

kalo aq lom buka cause anak-q masih imuttt…….. hihi



wah… postinganya panjang banget… hehehe… makasih ya bu udah mampir ke blog saya dan salam kenal juga 🙂

salam kenal juga mbak…….. laen kali mampir lagi yahhh…………



Lyla says:

wah bu… gak ikutan nyari menantu juga hehehe… biasa ibu2 kan pada ngerumpiin calon menantunya yang jadi ini dan itu hehehehe…

makasih ya udah mampir bu…

salam kenal juga mbak………aq lom skarang nyarinya mbakkk…….. ntar ajah 15 taon lagi…… hehehe………..



sheinastya putri says:

haha
kayak artis aja, jor2an habis gitu cerai, capek deh….
makanya orang Bule jarang ada yg mo nikah,
maksudnya????hahaha

iyaaahhh…… q jadi bingung, maksudnyeee??????



Hoiron says:

Waah–waah tampaknya bisa buat pelajaran tuuh,,aku punya lagu neeh by:BBB”putus nyambung putus nyambung putus nyambung sekarang putus besoknya menyesal kalo lho laku sekarang putus yaa putus ajaa” hehe..gak nyambung banget lagunya kang??hehe..y neng maklum pusing lihat orang yang dengan mudahnya mintak cerai kaan gak boleh tuuh amaa agama dosa hukumnya *ceramah*

Salam kenal,,kapan–kapan mampir yaa?? eeh tukeran link dooonk??*tuqs*

waaa seneeennnng bangettt…. ada juga yah yang nge-link ibu-ibu……..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: