Tukang Rumpi’s Blog











{Maret 1, 2009}   Titipan Tuhan

s4030162 Anak emang titipan Tuhan. Smua juga dah tau ungkapan ini. Klise tapi benar. Udah tau kalo titipan, tapi kok ya banyak para ortu yang gak menjaganya dengan baek. Eeeehhh, bukannya menghakimi lhoooo……. Tapi kenyataannya emang gitu seehhh……. Aq ndiri jadi worry, apa aq juga melakukan kekeliruan yahhh dalam mendidik putri semata wayangq???

” Pokoknya bu, si Alif yaaa harus belajar tiap hari. Everyday minimal 4 hours!!! ” suatu hari aq nge-date ama temen lamaq saat jam makan siang kantornya. Qta dah lama banget gak ktemuan, eventhough anak-anak qta satu sekolahan.
” Trus ngapain ajah tuh, mbak?? ” tanyaq penasaran.
” Yah ngerjain soal-soal matematika, sains, de-el-el yang dah aq siapin pagi sebelum aq berangkat ke kantor….. Minimal 50 soal tiap mata pelajaran deee………. ”
” Haaaa?????? ” gileeee……. banyak banget!!! Aq ajah bisa pingsan kalo dikasih soal segitu banyaknya pa lagi dia bilang : everyday!!! Mampusss!!!
” Tapi itu bwat Alif gak cukup loohhh…….. Kenyataannya walopun dia masih kelas empat es-de, tapi dah bisa ngerjain soal-soal kelas enam es-de…… ” temenq mengatakan ini dengan bangga sekali.
” Trus emang rapornya bagus terus yahhh mbak? ” aq gak sabaran. Alif ini anak bungsunya, yang sama kelasnya dengan anakq walopun gak sekelas. Anak dia ada 2 orang. Kakaknya lebih tua setaon dari Alif. Tapi mereka berdua emang cukup jagoan di kelas mereka masing-masing.
” Ya iyaaa laaahh…….. Sejak kelas satu ranking satu terus dari ke tiga kelas paralelnya…….. ” hidungnya kembang kempis. Tanda bangga tiada tara. Aq mengangguk-angguk. Ngeriiii…….. Bayangin ajah, kalo aq yang jadi anaknya… Wuiiii………. Syeeereeemm…….
Emang seeh, temen aq yang satu ni hebaaattt kok….. Walopun dia ntu wanita karier, tapi kenyataannya sejauh ini dia cukup seksus eeeehh sukses kok dalam mendidik anak-anaknya. Kata dia seehh, pokoknya anak-anaknya cukup dikasih makanan soal 50 nomer per mata pelajaran per hari. Dan tiap hari minimal 2 mata pelajaran. Blom termasuk pe-er or tugas dari sekolah ntu……… Coba deee, kalian sanggup gak jadi anaknya dia????

Laen lagi ama Bu Joko. Dia ini kursus mania deee…….. Anaknya penuh dengan jadwal kursus mulai Senin sampe Minggu!!!
” Bahkan hari libur ato hari besar ato tanggalan merah, Chintya gak pernah ada waktu luang, jeng…… Semuanya penuh dengan les!!! ” bu Joko menerangkan dengan wajah berapi-api. Semangat 45 banget.
” Les apa ajah to bu??? ” aq penasaran juga akhirnya.
” Senen ama Rebo tu matematika, Selasa tu basa Inggris, Kemis tu basa Jepang, Jumat tu musik, Sabtu tu basa Belanda ama berenang, Minggu tu sains…… ” puas banget dee kayaknya beliau neh, karna berhasil menyusun jadwal yang terperinci bwat anaknya.
” Ouuwww gituuu…………. penuh yah bu??? Kasian dunk Chintya, gak bisa maen…… ” sautq lirih. Knapa juga aq mengasihani anak orang???
” Looohhh……. Itu smua bwat bekal masa depannya kok, jeng…… Knapa mesti dikasihani…….. Justru kalo cuma menghabiskan waktu bwat maen, itu yang malah perlu dikasihani…… ” bu Joko menepis. Ketus. Mati deee aq……. Ngapain juga ngasih komen salah alamat!!!
Cuma neh yang bikin aq berpikir, mereka smua tu pa gak kasian ama anak-anak mereka yahhh…… Anak-anak juga perlu waktu bermaen kann…… Dalam bermaen mereka juga belajar bersosialisasi dengan sesama…. Tulll gakkk???

Model laen, yang pengen punya anak jadi selebritis yah bu Ranu. Bayangin ajah yah, mirip bu Joko, hari-hari anaknya dipenuhi jadwal les yang terkoordinir dan tak terbantahkan.
” Mbak Riri kok gak pernah keliatan yah bu??? ” tanyaq suatu hari saat ktemu ama bu Ranu. Emang, jarang banget malah hampir gak pernah dee aq liat Riri putrinya bermaen di seputar kompleks. Bahkan bersepeda, kayaknya gak pernah deee……….
” Oooohh iyaaa…… Jadualnya penuh, mbak. Senin ama Selasa modelling, Rebo tu vocal, Kamis sampe Jumat broadcast, naaa biasanya Sabtu n Minggu Riri harus manggung…….. Banyak job, mbak…… ” bu Ranuh menjelaskan. Nada suaranya terdengar sangat bahagia.
” Waaa padat dunk jadwalnya yahhh…….. ” kataq sekenanya.
” Iyahhh………. Belum kalo pas banyak audisi…….. Riri kan sering ikut audisi…….. Malah mulai bulan depan dia dah rekaman…… ” tetep dengan nada bangga luar biasa.
” Duuuu hebaaattt yaaahh…….. ” aq menyaut lagi. Bingung mo ngomong apa. Bu Ranuh neh, paling rajin emang ikut audisi. Idola-idola-an, mama-mama-an, iklan-iklan-an smuaaaa dijabanin. Pengen jadi seleb getuuu looohhhh……….. Hehehe……… Ngantri sana ngantri sini, weeess pokoke smuanya diikutin. Gak boleh ada yang lewat!!!

So, smuanya sungguh luar biasa. Anak adalah segalanya. Bwatq, cukup dengan meliat anakq sehat dan gembira, aq sudah cukup bahagia. Apapun yang diraihnya, smuanya tlah membuatq bangga tak terkira.
Pengennya, aq gak ikut-ikutan terobsesi dengan prestasi anak. Pengennya aq biasa ajah dalam memotivasinya hingga menjadi sesuatu.
Tapppiii namanya juga pergaulan, akirnya aq terpengaruh juga. Sempat aq ikut-ikutan mamanya Alif. Anakq aq paksa tuk belajar everyday minimal 3 jam dengan berpuluh-puluh makanan soal-soal matematika, sains, basa Inggris de-el-el. Sempat aq ikut-ikutan mamanya Chintya memeuhi hari-hari anakq dengan beraneka rupa kursus yang superlengkap ( cuman kursus masak ajaaahh kaleee yang gak di-ikut-in……. hihihi ). Sempat ikut-ikutan ibunya Riri dengan mondar-mandir nganterin sampe maksain putri kecilq untuk ikut audisi ini itu. Ternyata walopun kami berdua terengah-engah, emang hasilnya memuaskan. Anakq selalu masuk jajaran tiga besar di sekolahnya. Prestasi musiknya luar biasa. Dia jadi ngetop!!! But, suatu hari……
” Sayang, apa kamu bahagia dengan smua hasil yang kamu dapet??? ” tanyaq suatu hari saat putri kecilq, Adryani selesai belajar.
Dia diam. GAk berani menatap aq. Lalu….. tiba-tiba dia menggeleng…….
” Ibu, apa aq harus selalu ranking satu??? ” dia bertanya. Pelan.
Dueerrrr!!! Aq kaget, ” Knapa ?? ”
” Mbak capek bu…….. Mbak pengen bisa nonton kartun lagi di TV, bisa maen lagi ama temen-temen….. ” dia mulai berani mengatakan dengan agak keras. Aq kaget lagi. Kayak disamber geledek. Ternyata, dia tidak bahagia. Walopun, kalo dia dapet banyak hadiah dari ayahnya setiap membwat prestasi yang membanggakan. Aq tersentak. Aq telah menyiksa putriq. Demi ambisiq. Demi keinginanq. Demi nama baikq.
” Trus??? ” aq bertanya lagi. Putriq memeluk tanganq.
” Bu, bulan depan berhenti aja les matematika-nya yahhh…… Mbak bisa belajar ndiri kooookkk…….. ” anakq mulai merayuq. RUpanya dia tersiksa juga dengan rentetan jadual les yang aq susun.
” Basa Jepangnya juga…… Berhenti ajaah bu…… Mbak dah bisa koookkk…… ” dia melanjutkan. Emang aq membiasakan memanggil putriq dengan sebutan mbak.

Akhirnya……… Aq bener-bener menuruti keinginan putriq. Untuk apa dia pintar, bisa apa ajah, tapi ternyata dia gak bahagia??? Gak lahhh…. Aq bukanlah ibu yang kejam……. Bagiq, dia bisa tersenyum dan tertawa tanpa beban, cukuplah sudah. Gak ada tuntutan apapun baginya, setelah itu. Biarlah dia berjalan ato berlari atas keinginannya sendiri, tanpa memanggul beban yang berat di pundaknya. Terlebih lageee, kalo beban ntu diberikan oleh ibu kandungnya sendiri…….

Iklan


wah, aku nanti bakal jadi ibu seperti apa ya? 🙂

pasti deee ibu yang heboh.. eh hebatttt….



Putri says:

Kalo jadi putri bu Joko kayaknya gak kuat, deh…
Less mulu..

Tepar dah lama-lama..

Put sendiri ..lebih suka belajar sendiri di rumah…soal2 dari sekolah aja udah bejibun..gak perlu pake les2 segala udah buat otak meriang2 he..he..

Yang penting..komitmen buat ortu bangga dengan ranking di kelas…he..he..

pastiii deee mbak Put ni pinteeerrr yaahhh… but, jangan sampe otaknya meriang dunk….. ntar bingung mo dikasih obat apa….. masa iya, parem kocok???



nanzzzcy says:

wah.. nice mother..
harus belajar nih buat tar klo dah jadi ibu hihihi..

salam buat si mbak ya.. 🙂

hihihi.. aq pan emang maniezzz………



ami says:

waaaah itu, aku termasuk yang ga tega maksain anak2 unt les ina ini kecuali anak2 mau. tapi anak2 lebih suka gambar2, browsing2, baca2 buku -ini niy yang aku sediakan buku pengetahuan sebanyak mungkin, termasuk kamus beberapa bahasa- dirumah, sambil ditungguin ibunya, sambil makan pancake bikinan ibunya, sambil dengerin eyagnnya ngobrol dengan ibunya. he eh aku lebih mementingkan anak2 happy, karena aku juga diperlakukan begitu oleh ortuku

duuu pancakenya ntu yang pasti yumyyy……..



ayik says:

kalau aku mengalir saja Mbak. Anak boleh les apa saja, atas permintaan dan minat dia. Tak pernah dipaksakan. Sebagai Ibu, aku siap mengantar kan anakku menjemput masadepan, dengan cara wajar-sehat dan amanah…Memang beda ibu, beda cara yaa….

bener atuh mbak…….. sekarang aq-pun dmikian……



JelajahiDuniaEly says:

jadi inget , dulu banyak dr murid-murid lesku ngeluh kecapekan krn harus ngikutin berbagai macam les !

iyah mbak…….. kasian yahh mereka…….



etha says:

omigos … klo etha mah palana langsung mules

eyutna langsung mumet ..

lesnya segitu banyak …

hehehe……. palaq juga benernya dah mules….. eyutq juga dah mumet…….. tama dunk mbak…….



Mufti AM says:

Keinginan orang tua dan kemauan anak mestinya selaras sehingga tidak perlu ada yang merasa memaksa ataupun dipaksa. Meskipun demikian, setiap orang tua pasti punya konsep dan caranya masing2 dalam mendidik anak2nya. Kita hanya berharap yang terbaik bagi anak2 kita.

matur nuwuuunnn……. ternyata pendapat qta idem…



Atca says:

hiks..sama sering kasihan kalo anak2 kebanyakan les…padahal pulang sekolah sudah capek …nice post mba..

Makasih yah dah mampir keblogku…diabadikan dgn tukeran link yukk hehehe

siiippp……… linknya aq pasang yah mbak……..



fandi88 says:

Kirain kalo anak itu titipan ayah,, ternyata anak itu titipan tuhan ya,, 🙂 smoga aja aku nanti jadi ayah yg baik..

bdw lam kenal yah mb’., mampir ke blog saya juga
boleh loh.,

ok……. meluncur ke TKP……..



emma says:

aku kunjung balik nih..numpang baca dulu yaaa..

iya ibu……. nice to meet you, mom………



kalo boleh lahir langsung jadi gede aja deh 🙂

wadooohh…… lahir langsung gedhe, langsung mantu yahhh???? hehehe……. emangnya kelinci apaaaa……..



shalimow says:

salam kenal ya
wah anak memang titipan amanah darinya…….
kita ini kaya tukang parkir aja
dititipin mobil BMW, Jaguar, becak, gerobak, dst
tapi semua ada pemiliknya, dan harus siap diambil sewaktu-waktu
thanks ya

looohhh mbak, kalo tukang parkir pan dapet duit….. makin banyak yang parkir makin tebel dompetnya……. makanya banyak anak banyak rejeki yahhh????



Lisa says:

sbg orang tua kita ingin yg terbaik utk anak kita tapi harus beri kebebasan kepada dia utk berkreasi.

yups!! tul deee…… selaen ntu kasih juga pengarahan biar anak gak salah alamat geetuuu



sheinastya putri says:

haha, serba bingung ya jadi ortu

tapi Alhamdulillah, aku gak kena paksa ortuku buat les ni itu…karena tahu anaknya bandel2.hehe

kalo bingung yah pegangan…………



Felicity says:

Makasih buat reminder-nya. Moga2x kala diberi kepercayaan menjaga anak, saya nggak akan jadi ortu yang ambisius ato memanfaatkan anak buat ‘balas dendam’ menggapai impian ortu masa kecil yang nggak tercapai. Anak juga manusia ya…

justru mbak yang bikin saya tergelitik, menggapai impian ortu yang gak ksampean…… jangan-jangan aq juga gitu………



natazya says:

bu… mikir gininya sampe anaknya tua ya… jangan skarang aja…

emang bener, bagaimanapun yang jalanin anaknya… bukan ibunya…

*hiks… ibu gw blom mikir bgini sampe skarang 😥

jangan mikir sekarang mbak….. ntar lom pikun dah tuwa…… hehehe



DYah says:

Orang tua maunya semua yang terbaik untuk anak mereka. Tapi siapa bisa menentukan ini baik itu tidak ya?

Saya pernah posting juga soal ini, soalnya hampir kejadian saya heboh mau kursusin anak ini itu (padahal anak baru 4 taon looooh) adoooh…kesian. Untung gak jadi…untung ada teman bijak yg menyadarkan sayah! hehe… Untung…untung…punya temen seperti itu.

Bener kata kamu, yg penting anak sehat dan bahagia…ini bener2 yang saya dambakan dari anak saya.

BTW…apa kabar nih? Lama sy gak berkunjung ke blog heboh ini 🙂

kabar buuuaaaeeekkkk……….. hihihi………. kenalin juga dunk ama temen bijaknya……………



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: