Tukang Rumpi’s Blog











{Februari 6, 2009}   Profesi Mulia

s5030605Kalo ada pertanyaan; profesi apa yang paling melelahkaann?? Yups! Jawabannya ya Ibu Rumah Tangga. Profesi apa yang paling membosankaaaannnn??? Yooiii!! Jawabannya masih Ibu Rumah Tangga. Tapi kalo pertanyaan terakhirnya; profesi apa yang paling mulia??? Ya pasti Ibu Rumah Tangga! Nah penjabarannya bisa kita bahas satu persatu alias one by one. Eng ing eeennnnggg…………

 1. Melelahkan ; karena harus bangun pagi-pagi buat menyiapkan sarapan, mandiin bayi,batita dan balita ( bagi yang punya bayi, batita and balita ), bersihkan kamar bekas tiduran semalam, yaaah walopun ada bik Ijah dan sejenisnya di rumah, tapi gak mungkinlaaah seorang ibu rumah tangga sejati berpangku tangan setiap pagi…. Ya gaaakkk??? Nah, kalo malem juga harus tidur paling malem karena nemenin anak belajar ato mnunggu suami pulang, ato menunggu siapa aja yang belum dateng karena pembantu rumahan jaman sekarang kebanyakan hobynya keluyuran kalo malem jadi nyonya rumahnya terpaksa jadi satpam…

 2. Membosankan; karena gak kenal hari libur. Sabtu, Minggu dan hari besar harus tetap masuk kerja.. He he he……………. ya iyalah lha kalo ibunya libur gimana dooong?? Buat para ibu yang berprofesi rangkap jadi wanita karir ya tambah capek kwadrat…. Lha wong hari libur ya gak bisa libur karena anak-anak pasti pengen ada acara tambahan seperti ke Mall, ke Kebun Binatang, Ke Waterpark dsb… Jadi kapan bed rest-nya yaaa???? Tapi keuntungannya punya penghasilan sendiri, pengen apa-apa gak perlu exit permit sama suami dan gak bosan di rumah melulu… Lha kalo yang pure kerja di rumah sendiri keuntungannya yaaa bisa nyuri-nyuri waktu untuk mengaso, lebih banyak kesempatan untuk ngemil karena masak sendiri ( hihihi makanya type yang ini biasanya bentuk bodynya rada lebih gemuk berisi daripada type lainnya )… Nah kerugiannya ya bosan karena tiap hari di rumah melulu, capek karena harus mencuci, setrika, menyapu dan mengepel lantai everyday morning, harus memasak se-paket dengan cuci piringnya everytime dan biasanya masih ditambah menyiram tanaman, memberi makan hewan peliharaan di rumah and so on…. Capeee deeehhhh…….

3. Mulia; jelas banget itu…. Karena seorang ibu harus punya jiwa sukarelawan yang tinggi… Misalnya saat bokek tiba-tiba ada yang ngetok pintu rumah minta sumbangan buat acara RT yaaaa harus siap merogoh kocek, saat si anak pulang sekolah dan bilang ada edaran dari sekolah untuk bayar ini dan itu yaaaa harus mengeluarkan piti lagi, saat tanggal kalender memasuki masa kritis tiba-tiba diundang tetangga ato sodara kondangan yaaaaa mau gak mau harus membuka dompet lagi hehehe…….. Seorang ibu harus mau dan bisa mengalah…. Misalnya baru beli ponsel baru tiba-tiba anaknya pengen dan ngajak ibunya untuk tukeran, jadinya si ibu gak bisa nganyari doooong…. Apalagi kalo yang punya anak gadis kalo si ibu pengen beli kosmetik, si anak pasti ngeduluin untuk memilih kosmetik yang biasanya pilihannya gak beda jauh ama ibunya dan kadang-kadang parahnya yang dipilih malah lebih mahal lagii…… Semua itu membuat aq jadi berpikir, kalo surga ada di telapak kaki ibu itu jelas sudah pas banget! Seorang ayah walopun dia single parent belum tentu bisa menjalani profesi rangkap merangkap seperti seorang ibu dan pasti akan memilih jalan pintas untuk menikah lagi dengan alasan anak-anak membutuhkan kasih sayang seorang ibu….. Padahal aselinya dia dah gak sanggup lagi menjalani profesi mulia sekaligus melelahkan dan membosankan itu..

Sedihnya kadang-kadang profesi ini masih ditambahi dengan rawan kekerasan karena ada juga yang mengalami KDRT padahl ekonomi dah pas-pasan… Kasiiiiaaan deh luuu…. Tapi buat para ibu maupun calon ibu jangan takut untuk menggeluti profesi ini karena biasanya pahala yang akan diterima akan berlimpah ruah kalo kita menjalaninya dengan ikhlas… ( Yaahhh apalagi yang bisa kita harapkan selain itu kaaaannnn??? )

Iklan


anny says:

Setuju banget sista 🙂
Profesi ibu rumah tangga adalah paling mulia karena bisa mencetak anak2 bangsa yang berkualitas kan mulai dari didikan lingkungan rumah maka dilingkungan masyarakat akan tercipta

tuuuu kannnn….. betul………. trims yah mbak…. keep blogging n be my best friend…………



Istri sayah ituh tergolong yang cuantik, peduli dandanan dan fashionable abieeesssss….

pernah suatu kali anak saya muntah dipangkuan istri ketika kami mau pergi ke acara pesta sepertinya karena kebanyakan minum susu…

entah kenapa disitu saya seeeddddiiihhhh…bangeeeeettt…karena reaksi istri saya ternyata diluar dugaaan saya. ternyata dia ndak perduli sama penampilannya yang jadi acakadut…dan justru perhatiannya beralih ke anak sayah…

kenapa saya jadi sedih yah???? tauk deh….

I’m a husband of a beautiful wife and father of a cute son!

alhamdullillaaaahhh…… mas dikaruniai Allah wanita terbaik di dunia……. jangan sedih atuuuhhh…. harusnya kan bahagia??????



Setuju mbak, Ibu Rumah Tangga adalah pekerjaan yang sangat sentral dalam sebuah komunitas karena seorang istri adalah kunci masa depan sang anak dan karir sang suami yang akhirnya menentukan arah komunitas bahkan negara

duuuu berattt beratttt……. pa aq sanggup yahhh???



murid says:

Makasih mbak sudah mampir

be my friend sister………….



Mulia kok mbak…tapi memang harus pinter pinter bagi waktu dan energi,biar gak BE TE…lha wong Ibu rumah tangga itu pekerjaannya dari melek mata sampai merem mata…
Nah,,,yang terakhir ,,,IKlAS…ini yang harus belajar….Bunda sudah 28 tahun menikah, masih belajar teruuuus untuk iklas.

iyah bunda…….. aq pikir, bunda betul…….. selama apapun qta berumah tangga qta harus selalu belajar yahhh……. hatur nuhun advice-nya bunda…



Erik says:

Betul sista

Para Ibu adalah tiang negara, karena itu jadilah seorang ibu yang berkualitas, karena sangat menentukan perkembangan anak-anaknya.
Anak-anak kan umumnya lebih dekat dengan ibunya.

kalo gitu, jadi ibu saja gak cukup dunk……. mesti jadi ibu yang berkualitas biar anak-anak qta juga mjd anak yang berkualitas……..



novnov says:

hmmm setujuuuu karna saya juga ibu rumah tangga….

qta senasib yah mbakkk………….



apapun profesinya, yang penting tak pernah lupa mengurus keluarga…

salut untuk perempuan2 yang mendedikasikan seluruh hidupnya hanya untuk menjad ibu rumah tangga

trims supportnya….. btw emang gak gampang looh mendedikasikan seluruh hidup qta hanya untuk keluarga….. pa lagi tanpa kerja sampingan apapun…..



innes says:

hai salam kenal..ntar tukeran link ya

sssstttt nesss………. ini aq, nesss……… jangan bilang siapa-siapa yaaahhhh……….. (bisik-bisik sambil tolah toleh)



Oprah Winfrey: Profesi paling melelahkan adalah jadi orang tua…!

hahaha…… pa lagi jadi ibu….. smakin lelah…… tappiii walopun gitu aq tetap puas, puas, puas………



Noni says:

thank you yaaa… udah mampir blog ku.
emang bener banget tuh yang kamu tulis tentang seorang ibu.
aku udah ngerasain sendiri. apalagi di perantauan. lebih terasa! secara aku juga jadi jauh dari mama en udah jadi mama buat 2 cewek.
kalo ngomong dibantah/disanggah sama anak sendiri, langsung inget sama mama deh. betapa dulu aku nya juga suka bikin kesel si mama.
I love you, ma!

naaaa kaaannn……… emang kadang-kadang qta jadi kualat deeee yahhhh…….



mama icel says:

ibu rumah tangga??gue bangettzzz….!!
tapi berhubung anakku udah beranjak abg gak terlalu ngrepotin sih..makin banyak waktu luang dan bisa bikin usaha kecil2an…jadi tetep jadi ibu RT yang bisa cari duit hahahaha..

waaaa………… sukses…… sukses………



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: